Selasa, 28 Agustus 2012

Cara Membuat Mini Games


Ingin mencoba membuat mini games? Ada kesenangan tersendiri loh saat kita sukses melakukannya. Saya sebagai Admin PGalaxys sudah membuatnya loh.... Maze Maniacs namanya. Coba deh.... dijamin akan ketagihan. 


Setelah melihat video, yuk kita membahas komponen penting dalam membuat mini games kali ini:

  • Hyperlink:  
Hyperlink adalah komponen yang disediakan Power Point yang digunakan untuk berpindah ke slide yang akan dituju. Pastikan meng-klik ke slide yang benar.

  • Action:
Hampir sama dengan Hyperlink, hanya saja Action dapat dilakukan dengan mouse over atau mouse disekitar screen tertentu. Pastikan saat anda menekan tombol Action dan sudah sampai di menu Action, klik mouse over dan pergi ke slide berikutnya, tentunya slide setelah slide Action harus bertuliskan bahwa pemain kalah.

  • Word Art dan Textbox:
Berguna untuk menghias slide. Dihiaslah sebagus mungkin dengan tema yang kalian inginkan tadi.

Sebenarnya, membuat mini games dengan Power Point sangat mudah. Oh iya, agar benar-benar mirip dengan game sesungguhnya, masukkan music dan aksen loading. Tenang saja, saya akan berikan caranya.

  1. INSERT MUSIC

Di Power Point menu, kalian akan menemukan Insert. Klik Insert. Kemudian, Klik Sound, setelah itu Klik Sound from File. Pilih lagu kesukaan kalian, setelah itu pilih automatically. Agar lagu tetap terus berjalan disaat kalian berganti slide, double klik gambar berbentuk mikrofon berwarna kuning, kemudian di menu Power Point akan berganti menjadi Sound Tools, cari Play Sound, berhuruf kecil. Klik tanda panah di Play Sound dan ganti menjadi Play Across Slides. Simpan. 




       2. LOADING

Cara membuat loading bar adalah: buatlah 1 persegi panjang dengan model apapun. Setelah itu, berilah warna-warna cerah, jangan berikan warna pada garis, hilangkan garis. Aktifkan persegi panjang tersebut, tekan Ctrl dan klik kiri, pindahkan persegi ke bagian bawah sambil terus menekan Ctrl. Setelah selesai, kalian akan mendapati bahwa ada 2 persegi dengan panjang yang sama dan warna yang sama, salah satu persegi yang lain dihilangkan warnanya tetapi berikan warna pada garisnya, warna yang senada dengan persegi lain yang diberi warna tetapi tidak ada garisnya. Satukan keduanya dengan urutan persegi yang berwarna di atas persegi tanpa warna. Klik Animation di menu Power Point, Klik Custom Animation, aktifkan persegi berwarna, Klik Entrance dan Klik Wipe. Untuk arah, beri from left dengan kecepatan sesuka hati anda. Jika bar loading saat di play tetap sama, tetap berwarna anda harus mengulangi saat penumpukan. SELAMAT MENCOBA!!!

Selamat Mencoba!!! Aku yakin, kalian pasti bisa membuat mini games untuk pemula. Kembangkan terus bakatmu dan latih terus agar nanti keahlianmu semakin berkembang.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar