Jumat, 07 September 2012

Gelato, Es Krim Italia Rendah Lemak





Gelato, es krim asli Italia yang sangat enak dengan berbagai rasa. Es krim yang lezat dan manis ini sebenarnya tidak ditemukan secara kebetulan. Sejarah Gelato termasuk lama, yaitu tiga abad. Wah... tidak terbayang bukan makanan yang bertekstur creamy ini bisa sampai 3 abad, kali ini kita tidak akan membahas tentang sejarahnya, tetapi keunikan dari Gelato ini, let's cekidot!!


Sekitar tiga abad yang lalu, Italia bagian utara dan selatan menciptakan dua resep Gelato yang terpisah dan berbeda. Di utara, orang-orang Dolomite membuat Gelato dengan susu segar, krim dan gula. Sedangkan di Sisilia, orang-orang Italia Selatan menggunakan lebih dominan Gelato berbahan dasar air dengan buah segar.


Gelato memiliki tiga perbedaan besar dibanding es krim yang Anda kenal. Pertama, Gelato memilki kandungan lemak mentega yang lebih sedikit 18-26 persen dari es krim. Pada beberapa penelitian, Gelato rasa vanila dan coklat memiliki kurang dari 10 persen lemak mentega. Namun hal ini tidak mengurangi kadar rasanya, bahkan Gelato tidak begitu keras dan mencair di mulut lebih cepat sehingga Anda akan merasakan rasa Gelato yang menggiurkan.

Kedua, Gelato memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding es krim. Es krim diproduksi dengan campuran krim, susu, dan gula kemudian ditambah udara. Hal ini dilakukan untuk menambah dua kali lipat kuantitas es krim tetapi mengurangi kualitas setengahnya. Sedangkan Gelato tidak ditambahkan udara sehingga terciptalah makanan penutup dengan kualitas yan tinggi dan kaya akan krim.
 
Ketiga, Gelato dihidangkan sedikit lebih hangat dari es krim yakni sekitar 10 sampai 15 derajat. Karena itu teksturnya lebih lembut dan rasanya akan lebih nikmat ketika mencair di mulut Anda. Jangan lupakan pula bahwa Gelato menggunakan buah-buahan segar, kacang, coklat, susu, krim, dan tidak menggunakan sirup.

Gelato dibuat dari susu tanpa krim atau susu rendah lemak (low fat), air, gula, dan buah-buahan segar. Secara keseluruhan, kandungan lemaknya dibawah 10% (kurang lebih 2%-8%).

Gelato dibuat tanpa susu disebut sherbet/sorbet.  Sorbet rasanya sedikit asam tapi juga lebih segar.

Jika es krim bisa disimpan dalam freezer selama berbulan-bulan, tidak demikian halnya dengan Gelato.  Gelato paling lama hanya bisa disimpan selama beberapa hari. Karena itu, Gelato selalu dibuat home made dan selalu fresh.  

Gelato memiliki variasi rasa yang beragam dan biasanya disajikan dengan buah segar, cokelat, kacang, kue kecil, atau biskuit.

Rasanya yang enak dan renyah tentu dapat memancing selera anda untuk mencobanya, iya atau iya???!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar