Minggu, 30 September 2012

Sejarah Kembang Api

Siapa yang tidak tahu kembang api? Suaranya yang menggelegar di langit "DUAARRR" serta keindahan warna yang dihasilkan dengan bahasa Inggris FIRE CRACKER ini memang sudah melegenda dan sudah lama ditemukan.
Benda yang jika digabungkan dengan sesamanya akan membuat atraksi yang menghebohkan serta mengagumkan karena permainan warnanya yang condong ke warna ceria: merah, kuning, oranye cerah, dan biru, siapa duga sejarahnya begitu panjang?



Dahulu, di Cina terdapat seorang koki, ia salah memasukkan bumbu, malahan ia memasukkan kalium nitrat, belerang, dan arang kayu, setelah dicampur ia bakar. Saat dibakar, campuran tersebut meledak-ledak dan menghasilkan percikan api, yang membuat koki tersebut terheran-heran adalah karena percikan api tersebut sangat indah dan penuh warna.

Dari pengalaman yang ia lalui tadi, di rumah sang koki pun mencoba bereksperimen dengan bahan tadi dengan sengaja. Hasilnya? jadilah kembang api yang sampai sekarang kita lihat.

Kembang api banyak digunakan saat pembukaan acara bergengsi domestik/lokal hingga internasional, bukan hanya pembukaan, penutupan pun juga, atau mungkin digunakan menjelang hari raya yang istimewa, ataupun hanya sebagai hiburan ataupun iseng-iseng saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar