Kamis, 25 Oktober 2012

Peta Guru Geografi

Puzzle? ya kita akan membahas tentang puzzle, walaupun mungkin judulnya agak kurang berhubungan dengan apa yang nanti kita bahas, sebenarnya ada beberapa peranan penting dari geografi hingga terjadinya pembuatan puzzle. Siapa kira penemuan ini diciptakan dengan tidak sengaja?

Dahulu, sekitar abad 18, tahun 1767, terdapat seorang yang bernama John Spilsbury, guru geografi di London. Di tahun itu, ia akan mengajari murid-muridnya tentang peta Inggris dan Wales, keinginannya adalah para muridnya dapat hafal peta Inggris dan Wales miliknya tersebut. Sungguh tidak terkira, ia mendapat ide cemerlang berupa memotong gambar-gambar peta tadi dengan potongan yang unik serta dapat digabungkan antar satu dengan yang lain.



Keesokan harinya, John Spilsbury meminta anak-anak didiknya untuk menyusun peta Inggris dan Wales tersebut. Apa istimewanya? sebenarnya tidak ada yang istimewa, hanya saja para muridnya dapat hafal peta Inggris dan Wales tersebut, dan John Spilsbury telah berpikir kreatif.  Memotong dan menggabungkan gambar  dalam potongan yang unik telah menjadi ciri khas John Spilsbury sat mengajar, hingga akhirnya ia mencoba untuk memasarkan penemuannya tersebut sebagai alat belajar yang jitu. Lama-kelamaan, yang dibuat bukan hanya bergambar peta, tetapi juga gambar unik seperti sekarang. Ide awal John Spilsbury itulah yang membuat kita semua tidak asing lagi dengan nama ini... Puzzle.

Oleh perkembangan zaman, bukan hanya ada puzzle yang dapat dimainkan di dunia nyata, ada juga yang membuatnya dengan versi dunia maya seperti Jigsaw dan lain-lain. Walaupun zaman sudah semakin maju, masih saja ada yang tatap memainkan permainan classic ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar